contoh rpp mata pelajaran fiqh, bab qurban dan aqiqah

Nama Madrasah                   : MA.Unggulan

Mata Pelajaran                      : Fiqih

Kelas/ Semester                      : X (sepuluh) / I

Standar Kompetensi             : Memiliki pemahaman dan penghayatan yang lebih mendalam terhadap ajaran islam (thaharah, ibadah, jenazah, konsep muamalah) dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar                 : Menjelaskan manfaat dan hikmah qurban dan aqiqah

Indikator                                :

Tujuan Pembelajaran           : Siswa mampu menjelaskan perbedaan qurban dan aqiqah,      menjelaskan manfaatdan hikmahnya serta mampu merefleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

Materi Ajar                            :

Qurban dan aqiqah adalah amalan mulia dan penting dalam Islam karena sangat besar fadhilatnya, tetapi masih ramai orang yang kabur pemahaman mengenainya, sehinggakan ada yang memandang ringan walaupun mempunyai kemampuan tetapi tidak mau melakukan penyembelihan qurban dan aqiqah ini.

1.Qurban

Ibadah qurban merupakan ibadah yang pensyariatannya pertama kali dilaksanakan oleh nabiyullah Ibrahim as yang ditandai oleh perintah Allah kepada nabi Ibrahim untuk melakukan penyembelihan terhadap anaknya nabi Ismail As.

Secara bahasa Qurban berasal dari bahasa arab qoraba, yaqrabu, qurbanan yang berarti mendekatkan diri. Sedangkan secara istilah yaitu mendekatkan diri pada Allah Swt. Dengan jalan menyembelih hewan qurban yang dilaksanakan pada bulan Dhulhijah (disebut juga hari tasyrik / hari raya haji / lebaran haji / lebaran qurban / Idul Adha) pada tanggal 10,11,12,13.

Qurban dianjurkan kepada yang mampu. Ukuran kemampuan tidak berdasarkan kepada nisab, namun kepada kebutuhan per-individu, yaitu apabila seseorang setelah memenuhi kebutuhan sehari-harinya masih memiliki lebihan harta dan mencukupi untuk membeli hewan ternak sebagai qurban.

Dasar hukum :
a. S. Al-Kautsar :1-3

إنّا اعطينا ك الكوثر، فصلّ لربّك وانحر ، إنّ شا نئك هو الابتر .

Artinya : Sunguh Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak, Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah), Sungguh orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

b. S. Al-Hajj : 36

والبدن جعلناها لكم مّن شعإر الله لكم فيها خير، فاذكرووااسماللهعليهاصواف، فإذا وجبت جنوبها فكلوا منها وَأطعمواً القانع و المعترّ، كذالك سخّناها لكم لعلّكم تشكرون.

Artinya : Dan setelah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah kami telah menundukkan unta-unta itu kepadamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.

Dasar hukum, hadist dari al-Barra dari Rasulullah, beliau bersabda yang artinya: “Sesungguhnya awal hari kita ini adalah bahwa kita shalat, kemudian kita kembali meyembli qurban. Siapa yang melakukan itu, berarti ia mendapatkan sunnah kami. Dan siapa yang menyembelih sebelum itu adalah sembelihan yang dagingnya ia persembahkan untuk keluarganya, tidak termasuk ibadah qurban sama sekali “.

Hukum dari pelaksanaan ibadah qurban adalah sunnah Muakkad bagi yang mampu.

Sabda Rasulullah s.a.w. :

امرْت باانحر وهو سنّة لكم.

Artinya : Aku (Muhammad) diperintahkan berqurban dan itu sunnah bagi kamu.

Acara qurban adalah dari mulai matahari sejarak tombak setelah sholat idul adha tanggal 10 bulan haji sampai dengan matahari terbenam pada tanggal 13 bulan haji. Selain keempat hari diatas, maka penyembelihan hewan tidak ternasuk qurban melainkan penyembelihan biasa ( sodaqoh ).

Sabda Rasulullah :

من ذبح قبل الصلاة فإنّما يذبح لنفسه و من ذبح بعد الصلاة و الخطبتين فقد اتمّ نسكه وأصاب سنّة المسلمين.

Artinya : Barang siapa yang menyembelih qurban sebelum shalat hari raya haji, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri dan barang siapa yang menyembelih qurban sesudah shalat hari raya dan dua kutbah, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadah yang menjalani aturan islam. (H.R.Bukhari)

Ciri-ciri Qurban :

Dalam buku Al-Mughni dijelaskan bahwa hanafi, Maliki,Hanbali dan Syafi’I tidak membolehkan kibas sebagai qurban kecuali kibas yang masih berumur enam bulan, juga pada anak kambing kecuali al-tsani, kecuali yang sudah berumur dua tahun, juga pada unta kecuali yang sudah berumur lima tahun.

Pendapat tersebut sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam buku Al-Jawahir oleh Imamiyah, hanya Imamiyah menafsirkan Al-atsani itu daru unta yang telah masuk umur enam tahun. Sedangkan anak kambing cukup dengan umur tiga tahun.

Sayyid Al-hakim dan Sayyid Al-khui berpendapat : unta sebagai qurban yang sudah berumur enam tahun, sedangkan sapi dan anak kambing sebagai qurban bila umur tiga tahun. Pendapat selanjutnya : kambing yang sudah berumur dua tahun lebih  meyakinkan.

Hanya para ulama berpeda pendapat tentang binatang yang dikebiri, tidak mempunyai tanduk, tidak mempunyai kuping atau hanya mempunyai kuping kecil atau ekornya putus.

Sayyid al-hakim dan sayyid al-khui berpendapat : tidak boleh kalau binatang tersebut mempunyai satu dari hal-hal yang disebutkan di atas.

Pengarang buku al-Mughni menjelaskan boleh : boleh sekalipun binatang tersebut mempunyai salah satu dari hal-hal yang disebut di atas.

Al-‘Allamah Al-hilli dalam bukunya Al-tadzkirah berpendapat : binatang betina dari unta dan sapi adalah lebih utama. Sedangkan dari kambing dan anak kambinjg itu yang jantan lebih diutamakan. Hanya tidak ada perbedaan tentang mana yang harus diqurbankan selain kedua peliharaan tersebut. Pengarang buku Al-Mughni menjelaskan : jantan dan betina dalam berqurban sama saja.

Hewan ternak yang boleh dijadikan hewan qurban  :

Syarat-syarat sah pemilihan hewan kurban yang boleh menjadi qurban :
- Berbadan sehat walafiat
– Tidak sedang hamil atau habis melahirkan anak
– harus berumur 1 tahun keatas

 Ketentuan hewan qurban :
a. Kambing qurbannya hanya untuk satu orang
b. Sapi dan unta adalah qurbannya untuk tujuh orang.

Sabda Rasulullah s.a.w :

عن جابر نحرنا مع رسول الله عام الحديبيّة البد نت عن سبعة والبقرة عن سبعة.

Dari Jabir : kami menyembelih qurban bersama-sama Rosulullah, pada tahun hudaibiyah, seekor unta untuk 7 orang, dan seekor sapi untuk 7 orang. (H.R.Muslim)

Ada hadis lain yang mengatakan :

عن اٍبن عبّاسٍةكنّا مع رسول الله في السفر فحضر الاْضحى فاشتركنا في البقرة سبعة و في البعير عشرة.

Dari Ibnu Abbas, pernah kami bersama-sama dengan rasul dalam suatu perjalanan, ketika itu datang hari qurban, maka kami bersama-sama menyembelih seekor sapi untuk 7 orang dan seekor unta untuk 10 orang. (H.R.tirmidzi & Nasai).

Disunatkan sewaktu menyembelih qurban beberapa perkara :

2. Aqiqah

Secara bahasa Aqiqah itu al-qath’u yang berarti  memutus/ memotong. Sembelihan untuk anak itu disebut sebutan seperti itu, karena tenggorokan hewan itu memang diputuskan atau bahwa hewan tersebut disembelih. Ada yang mengatakan bahwa rambut yang keluar (ada) pada kepala bayi yang keluar dari rahim ibunya sebagai aqiqah pula. Bahkan Syekh Zamakhsyari justru menganggap bahwa rambut tersebut justru merupaka asal atau pokok aqiqah, sedang hewan sembelihan merupakan bagian darinya.

Sedangkan menurut istilah Aqiqah dapat didefinisikan dengan penyembelihan hewan (kambing) yang ditujukan untuk menebus anak yang baru lahir.

Hukum dari pelaksanaan aqiqah adalah sunnah muakkad, sebagai mana dalam hadist rasulullahsallallahu ‘alayhi wasallam:

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ , وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Maksudnya:
“Setiap bayi itu tergadai dengan ‘aqiqahnya. Disembelih untuknya pada hari ketujuh dan dicukur kepalanya dan diberi nama.”
(Riwayat Abu Daud)

Hukum Aqiqah dalam referensi lain terdapat perbedaan pendapat:

Pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh setelah kelahiran sang bayi. Jika tidak memungkinkan maka dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak memungkinkan lagi maka dilaksanakan pada hari ke-21. Adapun pada hari yang ditentukan tersebut belum mampu juga maka dilaksanakan pada kapan saja.

 Sebagaimana dala hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang menyatakan yang artinya: “Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari keempat belas dan pada hari kedua puluh satu.”

 Ketentuan hewan Aqiqah :
1. Untuk anak laki-laki maka disembelihkan 2 ekor kambing.
2. Sedangkan untuk perempuan disembelihkan 1 ekor kambing.

Sabda rasulullah s.a.w :

قال رسول الله صلى الله عليه و سلّم من احبّ منكم ان ينسك عن ولده فليفعل عن الغلام شاتان مكا فأتان و عن الجرية شاة

Bersabda Rasulullah : barang siapa di antara kamu ingin beribadah tentang anak, hendaklah diperbuatnya menyembelih untuk anak laki-laki 2 ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing. (H.R.Ahmad, Abu Daud, Nasa’i).

Aqiqah memiliki tujuan untuk meningkatkan jiwa sosial dan tolong-menolong sesama tetangga di lingkungan sekitar, menanamkan jiwa keagamaaan pada anak, sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rejeki yang diberikan kepada kita selama ini.

NO

QURBAN

AQIQAH

1.

Waktunya mesti dilaksanakan pada 4 hari saja, yaitu hari raya Idul Adha dan 3 hari Tasyrik 11, 12, dan 13 Dzulhijjah

Waktunya sepanjang tahun tidak ditentukan

 

2.

Kurban untuk satu keluarga

Untuk satu orang anak

3.

Dikerjakan setahun sekali

Dikerjakan seumur hidup sekali

4.

Tanggung jawab kepala keluarga atas seluruh anggota keluarganya

Tanggung jawab kepala keluarga atas anak yang baru dilahirkan

5.

Sebagian dagingnya wajib dibagi kepada kaum muslimin yang fakir dan miskin

Sunat dibagi kepada kaum muslimin

 

6.

Wajibdibagi mentah

Sunnat dibagi matang

7.

sunat memakan dagingnya

boleh memakan dagingnya

8.

haram membaginya kepada non Islam

Boleh dibagi untuk non Islam

9.

qurban dilakukan kerana memperingati peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya, Isma‘il.

Aqiqah dilakukan sempena menyambut kelahiran anak sebagai tanda kesyukuran kepada Allah

 

 

 

Kegiatan Pembelajaran        :

Langkah-langkah pembelajaran     :

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi waktu

Metode

1

Pendahuluan

  • Salam pembuka
  • Berdo’a
  • Absensi

5 Menit

Ceramah

2

Kegiatan Inti:

 

  

30 menit

 

 

 

 

30 menit

 

 

20  menit

 

 

Diskusi

 

 

 

 

Ceramah & Tanya Jawab

 

Ceramah

3

Penutup:

Salam Penutup

5  menit

 

 

Teknik Penilaian                               :

Penilaian kinerja (sikap dan praktek) dan blok tes

Instrument       : Pilihan Ganda

  1. Salah satu ketentuan hewan qurban adalah ….


a. Kambing qurbannya hanya untuk 1 orang
b. Kambing qurbannya untuk 7 orang.

c. Unta dan sapi qurbannya untuk 1 orang.

a. Memamerkan kekayaan

b. Melakukan penyembelihan terhadap anaknya nabi Ismail As.

c. Pesta makanan

Maksud dari hadits tersebut adalah….

Kunci Jawaban            :

 

Instrument                   :

Daftar Pertanyaan

 

Kunci Jawaban            :

امرْت باانحر وهو سنّة لكم

Artinya : Aku (Muhammad) diperintahkan berqurban dan itu sunnah bagi kamu.

اللّهمّ هذا منك و اليك فتقبّل منّا

Sabda rasulullah s.a.w :

قال رسول الله صلى الله عليه و سلّم من احبّ منكم ان ينسك عن ولده فليفعل عن الغلام شاتان مكا فأتان و عن الجرية شاة

 Bersabda Rasulullah : barang siapa di antara kamu ingin beribadah tentang anak, hendaklah diperbuatnya menyembelih untuk anak laki-laki 2 ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing. (H.R.Ahmad, Abu Daud, Nasa’i).

                  Prosedur Penilaian      : Penilaian Hasil

                  Jenis Tes                      : Tes Lisan dan Tes Tulis

                  Instrument                   : Soal dan Kunci jawaban

Sumber / Bahan / Alat          :

Bahan              :

 

Alat                 : White Board dan spidol Kertas

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: